Saturday, January 28, 2017

Membuat Mesin Pencari Dengan PHP MYSQLI

Sebelumnya kalian tahu kan apa itu mesin pencari atau biasa kita sebut Search Engine ? Kalau belum tahu secara rinci maka saya akan jelaskan terlebih dahulu !

Mesin pencari web atau biasa disebut dengan Search Engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

Nah sekarang kita akan membuat yang namanya mesin pencari dengan menggunakan PHP MYSQLI. Mesin pencari yang akan kita buat sangatlah sederhana !

Langsung saja kita mulai, yang pertama adalah membuat file baru di halaman htdocs yang sudah anda buat dengan nama form-pencarian.php atau directorinya : htdocs/namawebsite/form-pencarian.php atau bisa anda buat nama file tersebut sesuka anda :

<form action="result.php" method="post"> 
        <input  type="text"  name="cari"  placeholder="Search" required>
        <input  type="submit" size="22" value="Cari"> 
</form>

Setelah membuat form-pencarian.php, lalu kita buat file aksi dari form tersebut berupa result.php atau sesuai keinginan anda dan directorinya : htdocs/namawebsite/result.php

<?php
//buat dulu skrip koneksi kedatabase
$koneksi=new mysqli("localhost","root","","database_kalian");

//ingat, sebelumnya saya sudah memiliki data yang tersimpan di database

           if(isset($_POST['cari'])){ //Jika terpasang postingan dari "cari" maka
           $cari=$_POST['cari'];
           $cari=preg_replace("#[^a-z0-9]#i"," ", $cari);//fungsi ini untuk menghindari karakter selain dari huruf dan angka dengan mengubahnya menjadi spasi, misalkan karakter ' maka akan berubah menjadi space
           $data_pencarian=$koneksi->query("SELECT * FROM tabel_database_kalian WHERE nama_kolom LIKE '%$search%' ");
           foreach($data_pencarian as $result){
           echo $result['nama_kolom']."<br />";


          }
          }else{}
?>

Sekarang tinggal anda jalankan di browser anda ! jika ada peringatan error, ada beberapa kemungkinan kesalahan penulisan seperti :

  1. Penulisan pada tanda kurung, tanda koma atas pada fungsi if, atau fungsi php lainnya;
  2. Kesalahan menulis variabel yang anda buat atau $, memang sedikit sih kemungkinan kesalahan penulisan ini, tapi yang namanya manusia pasti ada salahnya kan ?
  3. Lalu ada juga kesalahan penulisan pada nama database,nama tabel,nama kolom. Pada Kesalahan ini memanglah sering terjadi.
Demikian lah artikel dari saya semoga bermanfaat, jika anda ada kendala dalam menjalankan tutorial dari saya ini  langsung aja anda komen di kolom komentar ! Sampai jumpa di tutorial saya selanjutnya.



banner
Previous Post
First

1 comment:

  1. thx,kekurangan hanya tidak ada picture hasilnya saja..berkunjung juga ke web Dulur Pedia

    ReplyDelete