Friday, May 11, 2018

Pengertian Dan Cara Menggunakan Rumus Average Pada Microsoft Excel

Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat datang di blog ini, nah postingan kali ini kita akan membahas rumus Average di Microsoft Excel. Apa sih Average itu?
Average adalah sebuah rumus untuk mencari nilai rata-rata dari argumen. Misalnya, misalnya jika rentang A1:A20 berisi angka, rumus =AVERAGE(A1:A20) akan mencari nilai rata-rata angka itu.
Untuk sintaks nya :
  • AVERAGE(number1, [number2], ...)
  • Number1,”Diperlukan. Angka pertama, referensi sel, atau rentang yang Kamu inginkan rata-ratanya.
  • Number2, … )” Opsional. Angka tambahan, referensi sel, atau rentang yang Kamu inginkan rata-ratanya, hingga maksimum 255.
Saya akan memberikan contoh pertama dengan rumus =AVERAGE(B3:B7), saya akan mencari nilai Rata-Rata dari pelajaran Bahasa Indonesia, dan tampak pada screenshot dibawah ini.

Dan contoh yang kedua dengan rumus =AVERAGE(A3:A7;B3:B7), saya menggunakan rumus ini untuk mencari nilai rata-rata dari kedua mata pelajaran yaitu rentang sel A3:A7 dan B3:B7. Caranya adalah dengan mengetikkan =AVERAGE(A3:A7;B3:B7) tanda titik koma ";" merupakan pembatas antar Range, jadi pada awalnya adalah kita memasukkan atau menyeleksi range pertama dahulu yaitu A3:A7, setelah itu ketikkan pembatas untuk range yang kedua dengan tanda ";" dan kita seleksi atau masukkan range kedua B3:B7 tampak seperti screenshot dibawah ini.


=AVERAGE(Angka1/Range1; Angka2/Range2)
Sintaksis fungsi excel AVERAGE memiliki argumen sebagai berikut :
Argumen bisa berupa angka atau nama, rentang, atau referensi sel yang berisi angka-angka, Nilai logika dan teks representasi angka yang kamu ketikkan secara langsung ke dalam daftar argumen akan dihitung, Jika rentang atau argumen referensi sel berisi teks, nilai logika, atau sel kosong, nilai-nilai itu diabaikan; akan tetapi, sel dengan nilai nol dimasukkan.

Argumen yang merupakan nilai kesalahan atau teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka menyebabkan kesalahan, Jika kamu ingin menyertakan nilai logika dan teks representasi angka dalam suatu referensi sebagai bagian dari perhitungan, gunakan fungsi AVERAGEA, Jika Kamu ingin menghitung rata-rata nilai yang hanya memenuhi kriteria tertentu, gunakan fungsi AVERAGEIF atau fungsi AVERAGEIFS.



banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: