Tuesday, May 29, 2018

Pengertian Dan Cara Menggunakan Rumus COUNT Pada Microsoft Excel

Assalamualaikum Wr.Wb


Selamat datang di blog ini, nah postingan kali ini kita akan membahas rumus COUNT di Microsoft Excel. Apa sih COUNT itu?

Count adalah fungsi yang digunakan untuk menghitung banyaknya data yang berbentuk number/angka saja. Tentunya berbeda dengan penggunaan fungsi SUM yang digunakan untuk menghitung jumlah datanya.

Penulisan formula/rumus COUNT:

=COUNT(Sel Awal: Sel Akhir)

Sel awal sampai sel akhir pada penulisan di atas merupakan sebuah range (kumpulan beberapa sel), dengan demikian, penulisan rumus COUNT bisa juga dituliskan seperti dibawah ini:

=COUNT(range)

Contoh gambar seperti dibawah ini :


Maka hasilnya seperti dibawah ini:

Dan jika salah satu sel dari rentang sel kita hilangkan nilainya, maka secara otomatis hasil dari rumus COUNT adalah 4 yang sebelumnya adalah 5

banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: