Saturday, January 28, 2017

Internet Yang Kita Akses Ternyata Cuman 4%. Jadi 96% Nya Lagi ?

Assalamualaikum Wr.Wb.

Dalam dunia modern ini, internet sudah tidak asing lagi bagi umat manusia dan bahkan menjadi kebutuhan. Tidak heran jika internet dapat di manfaatkan sebagai bisnis, komunikasi, sarana belajar dan berita atau informasi. Namun ternyata internet hanya 4% yang begitu luasnya untuk kita jelajahi, lalu kemana 96% nya lagi ? Ternyata 96% itu disebut Deep Web.


Deep Web di Indonesia dapat disebut sebagai Web Dalam. Deep Web merupakan bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu dengan menggunakan mesin pencariy web yang menggunakan indeks mesin pencari web. Deep Web berbeda dengan Dark Internet, dimana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui Internet, atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, yang dapat digolongkan sebagai bagian kecil dari Deep Web. Mike Bergman, pendiri BrightPlanet yang memberikan istilah tersebut, mengatakan bahwa mencari di Internet pada saat ini dapat dibandingkan dengan menjaring ikan di permukaan laut: akan mendapatkan banyak ikan yang tertangkap di jaring, tetapi informasi yang sangat dalam tidak akan tertangkap. Kebanyakan dari informasi yang terdapat di jaringan Internet, terkubur sangat dalam situs yang dinamis, dan mesin pencari web yang standar tidak dapat menemukannya. mesin pencari web yang tradisional tidak dapat "mendeteksi" atau mengambil data di dalam Deep Web. Halaman-halaman tersebut dianggap tidak ada hingga mereka tercipta secara dinamis sebagai hasil dari pencarian secara spesifik. Sejak tahun 2001, Deep Web telah dinyatakan memiliki ukuran yang lebih besar dari Web biasa.

Apa sih isi dari deep web ? apakah sama dengan website - website di internet biasa ? Deep web hampir sama dengan web biasa dari segi tampilan. Namun Deep Web memiliki domain yang berbeda dengan domain di internet biasa, domain tersebut adalah ".union". Tentu saja ini domain yang sangat asing bagi kita, dan asing juga bagi browser kalian, artinya browser kalian tidak dapat mengaksesnya, jadi intinya adalah deep web tidak dapat diakses dengan browser biasa.

Apakah kita bisa mengakses Deep Web ? Untuk mengakses deep web, ada cara untuk mengaksesnya yaitu dengan menggunakan TOR Browser.



TOR, The Onion Router (Tor) network adalah merupakan teknologi yang dapat menyembunyikan identitas IP kita saat mengakses internet. Seluruh koneksi internet yang menggunakan Tor akan dienkripsi sehingga kecil kemungkinan bisa disadap oleh pihak lain. 
Apakah Deep Web Berbahaya untuk diakses? Deep web memang sangat berbahaya bagi para pengguna di dunia internet biasa. Ada banyak hacker atau pihak-pihak yang bisa mendeteksi keberadaan kita dengan mudah ketika kita memasuki deep web. Kepentingan apa yang membuat kita mengakses deep web?
Kalau kita melakukan kecerobohan saat membuka deep web, bukan mustahil para hacker akan mengungkap identitas kita bahkan mencuri informasi yang kita miliki. Deep web memiliki informasi yang lebih besar 400 hingga 500 kali dari web biasa, dengan kapasitas informasi mencapai 7.500 TB. Hampir 95% konten di deep web bisa diakses tanpa registrasi. Melakukan registrasi atau login di deep web hanya akan mempermudah cyber crime yang sedang mengintai kita.

Seperti apa sih isi konten pada Deep Web ? Deeb Web memiliki banyak konten yang tergolong dengan aksi Kriminal contohnya seperti ; Perdagangan Senjata, Perdagangan Organ Tubuh, Jasa Pembunuh Bayaran, Jual Beli Obat Terlarang, Berkas - Berkas Negara yang telah dicuri dan lain - lain.

Jadi kesimpulannya adalah Deep Web Bukanlah tempat yang cocok bagi kita pengguna biasa untuk disinggahi atau dijelajahi, karena deep web terdapat banyak hacker - hacker yang dapat mengintai kamu jika kamu melakukan kecerobohan dalam mengaksesnya.

Demikianlah artikel dari saya, semoga menambah wawasan kita dan bermanfaat, kita ambil dari sisi baiknya saja.

Assalamualaikum Wr.Wb.
Salam Blogger

banner
Previous Post
Next Post

0 komentar: