Saturday, January 28, 2017

Jenis Aplikasi Database Server Yang Banyak Digunakan

Assalamualikum Wr.Wb.

Kembali lagi di blog saya RAJOEsolution, kan kita udah membahas Artikel tentang Database Server ! Nah kali ini saya akan menjelaskan beberapa jenis aplikasi database server yang sering digunakan oleh orang banyak.


Saat ini ada beberapa jenis aplikasi Database Server  yang sering digunakan oleh banyak orang ;

1. MySQL Server

Dikembangkan oleh perusahaan MySQL AB. MySQ:L merupakan tipe Rlational Database Management System (RDBMS) di bawah lisensi GPL (General Public License) sehingga bersifat open source dan dapat dimodifikasi. Mampu berjalan pada OS berbasis Windows maupun Linux.

2. Microsoft SQL Server

Dikembangkan oleh Microsoft yang secara khusus berjalan pada mesin ber-platform OS Windows. Bersifat komersial, namun ada juga yang bersifat freeware. Database Server Ini dapat bekerja dengan OS Windows minimal versi XP SP 2.

3. Clipper

Merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman Xbase Family yang hanya berjalan pada OS berbasis Windows khususnya DOS. Namun seiring perkembangan zaman, database ini sudah mulai jarang digunakan setelah banyak bermunculan platform database server baru seperti MySQL server.

4. Firebird

Merupakan salah satu jenis database server dengan menggunakan sistem manajemen database relasional dengan standar ANSI SQL 99 dan SQL 2003 yang mampu berjalan pada OS Windows maupun Linux.


5. PostgreSQL

Bersifat open source, artinya dapat digunakan secara gratis dan bahkan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Aplikasi yang dikembangkan oleh Global Development Group ini mampu berjalan pada berbagai platform sistem operasi seperti Linux, Free BSD, Solaris, Windows atau Mac OS.

6. Oracle

Aplikasi yang dikembangkan oleh Oracle Coorporation ini bersifat komersial. Pilihan utama ketika akan menggunakan Oracle adalah keandalan, kekuatan dan dukungan penggunaan kapasitas database besar.

Nah sekian dulu artikel tentang aplikasi database server  yang banyak digunakan, salam blogger.

Assalamualaikum Wr.Wb

banner
Previous Post
Next Post

1 comment: